Mengubah Suara Windows Startup Tanpa Menggunakan Utilities Atau Software Anda bosan dengan suara/ a

Anda bosan dengan suara/ audio yang itu-itu saja ketika menghidupkan (Startup) Komputer anda? Ingin menggantinya dengan suara lain? Misalnya suara bayi, lagu, atau bahkan suara anda sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan nama file yang bersangkutan untuk kemudian digantikan dengan file audio yang diinginkan, karena dalam kasus ini pada prinsipnya Windows berpedoman pada nama file untuk mengenali file audio tersebut. Ah.. terlalu teoritis ! Oke sekarang kita langsung saja ke TKP untuk mempraktekkannya.. :) 


1. Masuklah ke drive C:\WINDOWS\Media seperti gambar dibawah ini. Maka akan tampil file-file audio bawaan Windows.


2. Carilah file dengan nama Windows XP Startup seperti gambar dibawah ini.
3.  Ganti nama file (Rename) file Windows XP Startup menjadi Windows XP Startup2.
4. Siapkan file audio/ suara yang anda inginkan dengan format file WAV. Kemudian Copy dan Paste-kan di sub folder Media (C:\WINDOWS\Media). Pada contoh kasus ini saya memasukkan file audio dengan namaSuaraUpinipin.wav. Ingat file audio harus berformat wav. Perhatikan gambar dibawah ini.
Jika anda belum mengetahui tentang format dan cara merubah format file, silahkan klik disini untuk membaca ebook saya tentang format file.5. Gantilah nama file (Rename) SuaraUpinipin menjadi Windows XP Startup. Perhatikan gambar dibawah ini.6. Sekarang cobalah Restart Komputer anda, tunggu sejenak sampai Komputer nyala kembali (Startup), dengarkanlah sekarang suaranya telah berubah menjadi suara yang anda inginkan.
Dengan cara yang sama anda juga bisa merubah suara untuk Shutdown atau suara lainnya. Jika anda ingin mengembalikan suaranya seperti semula, caranya tinggal hapus file Windows XP Startup, kemudian ganti nama Windows XP Startup2 menjadi Windows XP Startup kembali. Selamat mencoba, semoga bermanfaat… :) 

NB : Telah dicoba pada Windows XP


SHARE THIS
Previous Post
Next Post