[Android] How To Mod APK

Untuk tutorial ini kita akan mencoba modding game dari GARIS, yaitu Renjers. meskipun yang aka kita patch di sini sudah di proteksi server side, tapi yang inti nya adalah bagaimana membuat modded apk itu sendiri.

Tools yg di perlukan antara lain:
0. JRE atau JDK 6
1. APK-Multi Tool (utk decompile, sign, recompile), situs resmi: http://apkmultitool.com/
2. IDA Pro (utk Disasembly, analisa fungsi dalam file lib (*.so), link donlot cari sendiri di g0ogle ya, terlalu besar size nya utk sy upload)
3. Hex Editor (merk apa aja, utk edit file lib tadi, kalo dah dapat yg mau di patch, link donlot juga cari sendiri ya... :p)

DECOMPILE
1. Donlot apk-multi tool dan extract.
2. Jalankan Setup.bat

Spoiler setup
Gambar Terposting

3. Pilih 3, tekan ENTER
4. Cek folder apk-multi tool, folder2 utk menyimpan project dll akan di buat otomatis. Tutup jendela ini.
5. Copy apk yang akan di mod di folder "place-apk-here-for-modding", sbg contoh, L1n3Renjers_1.0.4.apk
6. Jalankan Script.bat, pilih 24 (Set current project), tekan ENTER

Spoiler script
Gambar Terposting

Pilih nomor apk yang akan di decompile, contoh: 1
Gambar Terposting

7. Di bagian current app akan muncul nama project/apk yg aktif

Spoiler project
Gambar Terposting

8. Pilih (Decompile apk), utk mulai decompile, tunggu sampe proses selesai.

Spoiler decom
Gambar Terposting

9. Minimize jendela script
10. Copy file libgame.so, dari folder apk-multi-tool \projects\L1n3Renjers_1.0.4.apk\lib\armeabi\libgame.so ke mana aja. misal desktop\lib\


DISASEMBLY
1. Buka IDA pro
2. Buka ato drag file yang tadi di copy ke jendela ida

Spoiler ida open
Gambar Terposting

3. Klik OK, pilih YES kalo ada confirmasi change processor type
4. Tunggu beberapa menit, sampe lib selesai di load
5. Berikut nya adalah mencari (step ini yg paling membosankan, krn kita harus nebak kira2 fungsi apa dan akan membuat efek apa di dlm game)
6. Klik tab Exports, urut nama fungsi nya dengan meng-klik kolom name
7. Sebagai contoh, kita akan mencoba patch fungsi yg mengaktifkan roket/misil tanpa delay

Spoiler n0delai
Gambar Terposting


8. Dari nama fungsi nya kita bisa mengetahui, kalo ini adalah fungsi untuk mengecek apakah roket sdh siap.
9. Klik 2x nama fungsi nya, ida akan berganti view ke View-A (klik kanan utk berganti mode view graph ato text view)
10. Scroll sediit ke bawah sampe end of function

Spoiler end
Gambar Terposting


perhatikan yang di kotak merah, mulai dari:

.text:00297C28 LDR R1, =0x3F800000
baris ini mengisi register R1, dgn nilai 0x3F800000 ato float 1.0

trus memanggil fungsi utk compare float:
 77 int __aeabi_fcmpeq(float, float); // result (1, 0) denotes (=, <>) [2], use for C == and !=
referensi: http://users.sosdg.o...ude/aeabi.h#L77

jika hasil compare ini = 0, maka hasil fungsi ini juga akan bernilai 0 atau false, artinya, roket blum siap
.text:00297C34 CMP R3, #0
.text:00297C38 BEQ loc_297C44

keterangan:
CMP = COMPARE
BEQ = BRANCH IF EQUAL

.text:00297C44 loc_297C44 ; CODE XREF: BattleManager::isReadyToWeapon(void)+88 j
.text:00297C44 MOV R3, #0
isi register R3 = 0

.text:00297C48 loc_297C48 ; CODE XREF: BattleManager::isReadyToWeapon(void)+90 j
.text:00297C48 MOV R0, R3
isi R0 = R3, di dalam fungsi ARM, R0 adalah alamat register untuk meyimpan nilai kembalian dari fungsi

yang perlu kita modifikasi adalah, membuat fungsi ini selalu bernilai 1 atau true, jadi roket akan selalu ready.
bisa dengan mengedit alamat

.text:00297C48 MOV R0, R3
menjadi
.text:00297C48 MOV R0, #1 

atau
.text:00297C44 MOV R3, #0
menjadi
.text:00297C44 MOV R3, #1

yg paling gampang adalah alamat kedua, krn cmn mengganti nilai #0, menjadi #1

klik pada alamat 00297C44, alamat yg aktif akan di tandai kuning

Spoiler klik
Gambar Terposting


ganti view ke Hex View-A

Spoiler hex
Gambar Terposting


00297C44 00 30 A0 E3
code diatas adalah  asembly dari perintah MOV R3, #0

utk ke mode edit, tekan F2, ganti 00 jadi 01, tekan F2 sekali lg jika sudah mengedit

Spoiler edit
Gambar Terposting

kembali ke IDA View-A, utk melihat perubahan

Spoiler check
Gambar Terposting



LANJUT POST #2
Terlalu banyak gambar....

Credits:
G0ogle
AGH

Referensi:
ASM Introduction
IDA Tips

//hrd

CONT...

PATCHING
1. Buka HEX Editor (saya pake ultra Edit)
2. Buka ato drag libgame.so yg sdh di copy tadi ke jendela hex editor

Spoiler hex-edit

3. Copy address dr ida (00297C44)
4. Tekan CTRL+G di ultraedit, paste address (tambahkan 0x di depan address sblm klik OK)

Spoiler goto
Gambar Terposting

Cursor akan aktif di address yg akan di edit
Gambar Terposting


5. Edit 00 30 jadi 01 30

Spoiler editing
Gambar Terposting


6. Save, ato Tekan CTRL+S
7. Copy lib editan ini ke folder apk-multi-tool, timpa lib yg asli

Selanjut nya adalah Recompile, kembali ke jendela script. jika tidak sengaja menutup jendela ini, kembali ke bagian DECOMPILE step 6.

8. Pilih 12 (Compile non system apk) ato 15 ( Compile apk / Sign apk / Install apk), jika ADB sdh terinstall dan hh sdh terhubung ke pc/laptop

Catatan:
jika memilih 12, pilih 2 (Create unsigned apk) setelah proses recompile berhasil

Pastikan hh terhubung sebelum memilih 15, ada baik nya uninstal game dari hh, krn biasa nya, game yg memakai lib, jika di install timpa langsung, lib nya nda di update/lib asli tdk tertimpa.

Hasil modded apk bisa di lihat di:

\place-apk-here-for-modding\unsigned***.apk
Gambar Terposting


Catatan Lagi
Tutor ini apa ada nya, artinya silahkan kembangkan sendiri. google is your friend.

Yg palng penting di sini adalah Trial and Error. jd jgn bosan mencari dan mencoba, kalo fungsi yg kita mod gak work, ato gak ada efek ato sdh di protek server side, kan masih ada ratusan fungsi yang bisa kita edit


Enjoy, happy modding

SHARE THIS
Previous Post
Next Post
April 16, 2014 at 7:28 AM

Yang mau belajar nge-mod Pokopang sini!

Reply
avatar
April 27, 2014 at 10:33 PM

kok pas load file .so di ida type prosesornya gak ada pilihan ARM ya bro? masih stuck di langkah itu :|

Reply
avatar
June 14, 2014 at 9:56 AM

Mas kalo hack ruby unlimited gimana mas?

Reply
avatar
June 14, 2014 at 9:57 AM

Mas kalo hack ruby unlimited gimana mas?

Reply
avatar
June 21, 2014 at 7:12 AM

Dev CoC bilang sendiri, ga bakal ada cheat di CoC, Bug, Glitch..

Reply
avatar
Anonymous
June 24, 2014 at 3:36 AM

share dong line ranger yg udh di mod? hhe

Reply
avatar
July 13, 2014 at 12:02 PM

bro , mooding kritka chaos unleashed gmana ya?

Reply
avatar
July 17, 2014 at 5:04 AM

Bro modin diamond line let's get the rich dong

Reply
avatar
July 20, 2014 at 6:30 PM

gan bisa nge mod game china tworld online

Reply
avatar
July 29, 2014 at 2:26 AM

Gan minta tutorialnya cara membuat cheat cashtle clash. ...
Thanks...

Reply
avatar
Anonymous
August 8, 2014 at 7:05 PM

gan decompile nya knp lama nya??

Reply
avatar
Anonymous
August 15, 2014 at 2:53 PM

gan ajarin modding brave frontier dunk

Reply
avatar
August 21, 2014 at 11:55 AM

gan ane pas decompile nya ko ga bisa ya ?
salah nya dimana ya

Reply
avatar
Anonymous
September 13, 2014 at 2:00 AM

MAS Sandy Nugraha::

ITU Framework Mas Sandy yg gak bisa,
Mas Sandy Download LINK AKTIF JRE ATAU apa
#MAAF yg kritik anak kecil

Reply
avatar
December 12, 2014 at 2:47 AM

Gan bisa mod apk SBgamehacker atau Gameguardian buat ngaktifin Speed hacknya.??
buat main game online??
kalo apk biasa yg ga di mod itu kalo maen game ga bisa masuk gann
ada tutornya kah mod apk tersebut buat android

Reply
avatar
Anonymous
December 16, 2014 at 8:04 AM

nanya donk...
itu ngedit nya di laptop/pc ato android...?

Reply
avatar
December 17, 2014 at 5:03 PM

nih gan ane ada cara buat yang main clash of clans dapetin 1200 gems secara gratis dan legal tentunya, ikuti aja langkah di bawah

1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
2. Setelah ke intsall buka appnya
3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
4. Abis itu ada kotak invitation code
5. Masukan kode AG62928
6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah hehehe
10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
11. Nah kalian bisa deh beli 1200 gem secara gratis

Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $10 cepet kok, saya aja baru 2 hari udah kekumpul %6.7, duitnya juga gk cuma buat bf aja, bisa juga semua game yg terhubung dengan playstore, atau juga bisa untuk pay pal, steam gift card, facebook gift card, macem macem deh pokoknya :D

-Selamat Mencoba-
Jangan lupa share trik berguna ini ya

Reply
avatar
April 2, 2015 at 6:09 AM

Gan,, kalau game online biasanya ad beberapa file.so yg mna yg d modif dan apa biasanya nama file di dlam file.so yg sering di modif seperti nambah atack or smacamnya

Reply
avatar
April 2, 2015 at 6:11 AM

Gan,, kalau game online biasanya ad beberapa file.so yg mna yg d modif dan apa biasanya nama file di dlam file.so yg sering di modif seperti nambah atack or smacamnya

Reply
avatar
June 19, 2015 at 7:37 AM

Buat MOD Dragon ML Dong 1 Please :D

Reply
avatar
June 24, 2015 at 8:05 PM

Makasih Info nya gan ..
Ijin Share ..

Reply
avatar