Mengenal virus komputer

Sampai saat ini, "Virus komputer" masih menghantui di dunia komputer. Kerugian yang di sebabkannya tidak bisa dimaafkan lagi. Sudah jutaan korban yang merugi karenanya. Virus komputer sebenarnya bisa diatasi, caranya ialah dengan mengenal terlebih dahulu apa dan siapa dibalik virus tersebut.

Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut, bertujuan untuk emnganngu dan merusak komputer itu sendiri.

Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama [Elk Cloner] lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi *.exe Virus ini bernama [suriv].

Puncak serangan virus terjadi sekitar tahun 1995, yaitu saat virus menyerang perusahaan besar seperti Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dll. Tahun 1995 dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker.

Pada awalnya virus menyebar melalui disket, namun perkembang teknologi komputer di manfaat kan oleh virus untuk meyebarkan dirinya. Virus mulai menyebarkan dirinya melalui internet. Dan bisa dikatakan internet merupakan sumber terbesar penyebaran virus. Selain itu virus pun bisa menyebarkan diri melalui removable disk seperti flashdisk.

Virus memiliki variasi yang berbeda-beda, diantaranya ialah Worm, Trojan dan Spyware. Ketiganya bisa merusak komputer yang diserangnnya sampai mati total.

Tanda-Tanda Komputer yang terkena serangan Virus Komputer diantaranya :

- Komputer berjalan lambat dari normal
- Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
- Perubahan tampilan pada komputer
- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
- Suka muncul pesan atau tulisan aneh
- Komputer hang atau berhenti merespon kita.
- Harddisk tidak bisa diakses
- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain...

Cara yang paling ampuh agar kita tidak terkena virus komputer adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan-kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dari komputer lain

*Credit 
[-] C3
[-] DONS

SHARE THIS
Previous Post
Next Post