Kenapa Rasa Pedas Cepat Hilang Minum air panas daripada Air dingin

Tadi ketika ane selesei makan malam. dan kebetulan mama ane masak masakan pedas ( samba balado ) hehe. nah setelah ane makan . lumayan ane kepedasan, ane minum air dingin . dan anehnya malah gak ilang malah tambah pedas, lalu mama ane bilang. "jangan minum air dingin, malah tambah pedas kalo minum air dingin" tentunya dengan bahasa padang . nah karena itu ane mikir.. kenapa hal ini bisa terjadi. lalu ane search gugel lalu dpet lah alasanya.. dan ane coba share ke kaskusers semua.
semoga bermanfaat


bantu rate ya



Sebenernya apa sih yang membuat rasa pedes pada cabai itu?
Ternyata biang keladi nya itu si Capsaicin1. Senyawa ini merupakan suatu alkaloid yang ada di cabe. Senyawa ini memiliki struktur kimia seperti dibawah ini :

gk ngerti ya ? ane juga 

Di lihat dari strukturnya senyawa ini lebih banyak memiliki gugus non polar daripada polar sehingga kemungkinan lebih larut dalam pelarut yang non polar seperti eter, benzen, dan kloroform. Tapi eits, tunggu dulu, ternyata setelah menilik literature, senyawa ini juga larut dalam air panas. Nah..inilah mungkin kunci dari permasalahan kita.
Oke, sekarang kita analisis lebih mendalam
Pada saat kita minum air dingin, rasa pedas akan muncul lagi setelah air masuk kerongkongan sedangkan pada air panas, rasa pedasnya hilang setelah masuk kerongkongan. Nah…Terjawab sudah pertanyaan diatas. Ternyata air panas melarutkan senyawa pembuat pedas alias capsaicin yang berada di lidah. Karena capsaicin telah larut dalam air panas dan ikut terbawa air panas menuju kerongkongan, maka indera perasa kita alias lidah tidak akan merasakan pedas lagi.
Sampai disini akan muncul pertanyaan dari teman -teman, lalu kenapa pada saat air dingin masuk mulut, rasa pedasnya berkurang, sedangkan pada saat air panas masuk, rasa pedasnya seperti semakin bertambah?
Heheehe…masih ingat bahwa es bisa dijadikan anestasi lokal? Itulah jawabnya, yakni pada saat air dingin mengenai lidah, maka syaraf-syaraf pada lidah menjadi patirasa sehingga tidak merasakan pedas. Begitu pula sebaliknya, saat air panas masuk, rasa pedas nampak semakin bertambah karena sebenarnya bukan rasa pedasnya bertambah, tapi lidah kita kesakitan karena air panas yang mmasuk mulut kita, heehehee…..


SHARE THIS
Previous Post
Next Post