Cara Membuat Email domain sendiri

Bagaimana membuat email pada domain sendiri, misalnya obiesan@obilog.info. Selain memanfaatkan layanan email pada hosting, kalau mau hemat penggunaan bandwidth bisa menggunakan layanan mail pada Google Aplication. Google Aplication adalah apliaksi web yang dibuat oleh google untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan seperti untuk email, agenda, membuat dokumen word, excel dll. Bentuk layanannya seperti Account Gmail, Google Calender, Google Talk,Google Docs Dan Spreadsheets dll.
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat Google Application (versi standar biar free) lengkap dengan proses pembuatan layanan emailnya.
1. Klik  http://www.google.com/a/cpanel/domain/new?hl=id (Untuk mengakses registrasi Google App Edisi standar) jenis layanan Google Application, pilih saja standar biar free. (Standar Edition ini hanya memberikan 7 GB untuk setiap account, dan maksimal 50 Account)
2. Kemudianpilih radio button "Administrator: Saya memiliki atau mengontrol domain ini" dan masukkan nama domainnya.
3. Kemudian isi form dengan lengkap
4. Kita akan menerima email konfirmasi, klik pada link di e-mail tersebut atau langsung saja meneruskan halaman sehabis registrasi (otomatis langsung masuk ke dashboard Google Application)
5. Setelah itu lakukan aktifasi domain, pilih dengan cara HTML yaitu memasukkan file yang diminta oleh google di buat, kemudian mengcopykan kode yang muncul di halaman tersebut ke dalam file.html di web yang anda daftarkan.
6. Kemudian sesudah aktif, klik aktifasi email pada icon email di halaman dashboard “Active E-mail”, kita akan diminta memasukkan data dan sesudah itu kita akan di suruh mengset nilai MX Record pada halaman cpanel.
7. Klik checkbox "Google Apps membutuhkan perubahan DNS untuk mengatur layanan dengan benar." Klik lanjut (Next)
8. Lakukan proses perubahan MX Record di cpanel sebelum mengklik tombol sumbit yang berada pada bagian bawah "“I have complate these site".
9. Login ke cpanel lalu pilih MX Entry pada bagian depan cpanel anda.
10. Lalu pilih domain anda, lalu pilih "Automatically Detect Configuration: Local (recommended)" untuk email routing.
 11. Kemudian hapus terlebih dahulu mx record yang ada dan masukkan MX record milik Google.
  • ASPMX.L.GOOGLE.COM  Masukkan Prioritas 10 > Add Record
  • ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM MasukkanPrioritas 20 > Add Record
  • ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM MasukkanPrioritas 20 > Add Record
  • ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM MasukkanPrioritas 30 > Add Record
  • ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM MasukkanPrioritas 30 > Add Record
  • ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM MasukkanPrioritas 30 > Add Record
  • ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM MasukkanPrioritas 30 > Add Record
Setelah melakukan hal diatas, save dan  Email ke domain anda akan di antarkan ke Mail Serever milik Google.
12. Selanjutnya di form pendaftaran klik “I have complate these step”  Silahkan tunggu google akan melakukan pengecekan terhadap setting MX domain anda, untuk proses dapat di lihat di Dashboard Google Apps.
13. Setelah itu silakan menunggu sekian menit untuk proses update, dan untuk masuk ke halaman email menggunakan link http://mail.google.com/a/namadomainkamu.com - misal : http://mail.google.com/a/obilog.info.
14. Untuk mempermudah menulisnya, bikin sebuah subdomain di domain kmu dengan nama mail, misalnya nanti hasil alamatnya : http://mail.obilog.info. Kemudian masuk ke file manager, buatlah file index.php di dalam folder mail tersebut. Kemudian masukkan sintak .
15. Beres :D

SHARE THIS
Previous Post
Next Post
October 18, 2012 at 5:19 AM

artikel yg menarik mas, dan saya suka, dan salam kenal dari mico ya, dan juga kalo ada teman2 yg suka dengan film horor,box office silakan kunjungi situs gue ok, dan terima kasih admin nya juga ok

Reply
avatar