Info cara membetulkan dan menulis bahasa korea KLS ( Win 7 )

inget ini di windows 7, kalo yang lain saya ngga tau .
langsung aja :D

Bekicot :

Membetulkan bahasa di KLS :

sory belum ada SS u.u

- buka Control Panel
- klik Region And Laguage
- buka keyboard and languages
- buka change keyboards
- klik Administrative
- klik change system locate
- Ganti deh jadi korea
- Restart PC/LP


Menulis dalam bahasa korea :

spoiler for Cekibrot

- Pertama buka control panel

[Image: krlangtut1.png]

- trus buka keyboard and languages > change keyboards
[Image: krlangtut2.png]
> 1. jelas kan? klik keyboard and languages lalu akan muncul tampilan seperti yang di atas itu.
2. pilih change keyboards. dan apapun yang bakal kalian tulis akan segera berubah.

- add language!
[Image: krlangtut3.png]
> klik add language buat menambah opsi bahasa. sebenernya inilah kunci dari semua pengaturan keyboard di dunia (halah). di situ banyak pilihan bahasa yang bisa lo pilih sesuka lo.

- cari opsi bahasa korea
[Image: krlangtut4.png] > 1. ya karena opsi bahasanya banyak, jadi ya teliti aja. klik tanda plus kecil yang ada di samping kirinya tulisan “korea” itu, dan akan muncul beberapa opsi. pilih keyboard, trus ceklis tanda “microsoft ime” aja. kenapa? karena kalau lo ceklis juga tuh kotak “korean”, maka seluruh sistem di komputer kamu bakalan berubah jadi bahasa korea juga. nggak masalah buat lo yang emang udah gape bahasa korea. tapi bagi yang belom bisa, ya saran gue sih jangan dulu deh…
2. klik tombol “ok” yang indah itu.

- klik apply [Image: krlangtut5.png]
> tahap akhir nih, setelah semua tahap dijalani dengan tertib, lo tinggal klik tombol “apply” deh. sebenernya klik “ok” juga bisa sih. tapi kalo mau nyari aman sih klik apply aja. dan setelah ini, kalian bisa menulis dalam ms. word kalian itu dengan huruf hangul. manse!!! tapi kalian harus ngatur ke pengaturan huruf korea dulu sebelom ngetik. soalnya suka nggak suka, sistem dasarnya masih bahasa indonesia/inggris.
dan gini cara ngaktifinnya.
[Image: krlangtut6.png]

> gue jelasin. lo coba intip tuh sebelah pojok kanan bawah desktop kalian. naaah, liat simbol huruf “in” atau “en” kan? itulah kuncinya. klik tombol itu, lalu pilih opsi “korean (korea)”.
trus, kalo lo mau langsung nulis huruf hangul, langsung aja klik tombol “a” itu, ntar dia bakal berubah jadi tombol dengan tulisan “가” atau dibaca “ka”. soalnya kalo tombol “a” itu tetep aktif, lo bakalan tetep ngeliat alfabet. soalnya itu dipake buat romanization gitu. nah, di sampingnya itu ada tombol “hanja”. klik itu aja kalo lo mau nulis pake huruf hanja.

[Image: krlangtut7.png]> nah, inilah tampilan akhirnya. lo bisa langsung ngetik di keyboard dan muncullah huruf hangul. whooo… daebak! nah, masalahnya… urutan tombol hangul tuh nggak sama kaya yang ada di tangan kita ini. jadi lo harus ngapalin lagi urutannya. yaaah… kalo gitu, ini gue kasih contekannya! [Image: keyboard.gif]

tinggal tahan tombol shift buat ngaktifin karakter yang di atasnya. misal di tombol “q” itu ada karakter “p” dan di atasnya ada karakter “pp”. jadi lo cuman tahan shift sambil klik tombol q itu buat dapetin karakter “pp”. oke? Q : Trus trus… Tombol 와 “wa”, 왜 “wae” dan sebangsanya tuh nyempil di mana ya? Kok gue nggak liat??? Mmmm… Gini, karakter-karakter kayak gitu tuh emang nggak ada di keyboard. Tapi masih bisa diketik kok, tenang aja. Cuman diliat dari bentuk karakternya aja bisa ketauan kok. Kayak misalnya mau nulis “wa” kayak barusan. Lo cuman harus pencet tombol D+H+K aja. Tombol D buat karakter “ㅇ”, trus tombol H buat karakter “ㅗ” dan tombol K buat karakter “ㅏ”. Kalo dibaca secara keseluruhan, karakter ㅗ dan ㅏ itu jadi membentuk sebuah karakter baru yang berbunyi “ㅘ”. Jadi pada dasarnya, semua karakter “tambahan” itu adalah gabungan dari beberapa karakter yang udah ada.
Contohnya: ㅇ + ㅗ + ㅏ = 와 “wa”
Untuk mempermudah, gue kasih contekannya :D

와 = wa = D+H+K
왜 = wae = D+H+O
워 = wo = D+N+J
웨 = we = D+N+P
위 = wi = D+N+L
의 = ui = D+M+L

Gimana?.. hal ini juga berlaku buat semua bahasa. jadi kalo lo mau ngetik atau menulis dalam huruf jepang, lo cuman butuh ngulang bagian d dan klik “japanese”. dan kalo mau nulis bahasa russia tinggal klik yang “russian”. gitu aja kok… simpel kan? eh, masih belom bisa? yang keluar tuh cuman kotak-kotak nggak jelas gitu? oh… itu mungkin karena di komputer lo belom ada font koreanya. nih dah, mumpung gue lagi baik, gue kasih direct downloadnya .

disini

simpen di C://Windows/Font

ya, semoga berguna lah.

Memunculkan Laguage Bar
spoiler for Cekibrot


- Buka control panel
- buka laguage or region
- klik change keyboard
- disitu ada 3 bar pilih yang tengah " laguage bar "
- pilih Docked in the task bar
- klik ok deh ..

SHARE THIS
Previous Post
Next Post