4 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Komputer


Sebelumnya kita sudah membahas tentang Memilih Komputer Yang Cocok untuk Anda atau sesuai dengan kebutuhan. Sebagai lanjutannya, Anda mungkin berpikir tentang fitur yang Anda perlukan, akan tetapi, pembelian komputer yang tepat bagi Anda melibatkan lebih dari sekadar menentukan apa ukuran monitor atau berapa banyak memori yang Anda butuhkan. Dengan begitu banyak jenis komputer, fitur, toko, dan harga komputer, Anda harus membuat banyak keputusan sebelum Anda siap untuk menuju toko komputer. Singkatnya anda butuh pertimbangan sebelum membeli komputer.

Berikut ini adalah empat tips untuk membantu Anda sebelum belanja komputer:
  • Pengetahuan Komputer Anda. Banyak toko memiliki tenaga penjualan dengan pengetahuan yang dapat memberikan informasi yang berguna tentang produk, tetapi banyak informasi komputer ini adalah produk khusus. Perlu diketahui bahwa tujuan utama tenaga penjual adalah membuat penjualan, bukan membuat anda pintar komputer, karena itu penting bahwa Anda mengenal dengan baik apakah komputer itu, apa fasilitas yang anda butuhkan termasuk sistem operasi, prosesor, hard drive, dan memori. Anda mungkin perlu membaca artikel-artikel tentang Komputer yang baik untuk membantu Anda menentukan kebutuhan Anda.
  • Pilihlah Lokasi Belanja Secara Bijak. Ada banyak lokasi untuk membeli komputer, namun bukan hanya masalah komputer yang anda beli, tetapi di mana Anda memilih untuk membelinya. Beberapa pilihan Anda adalah:
  1. Pengecer KomputerLokal
  2. Jaringan toko elektronik.
  3. Superstore
  4. Diskon pengecer online.
  5. Iklan Baris atau reseller
  6. Dealer Resmi produk

Dengan semua pilihan ini, bagaimana Anda akan pilih? Pikirkan keuntungan dan kerugian dari masing-masing. Jangan tergiur dengan toko dengan tawaran harga terendah. Pertimbangkan untuk bertanya kepada teman yang punya pengalaman baik berbelanja pada suatu toko komputer.
Misalnya, jika anda tidak pernah membeli komputer sebelumnya, Anda mungkin ingin dukungan ekstra yang dapat memberikan informasi dari pengecer komputer lokal, Jaringan toko elektronik, dan terutama produsen berbasis web misalnya Dell. Discount online dari pengecer mungkin saja anda peroleh tetapi bagaimana dengan layanan purna jualnya? Bisa jadi mereka tidak memberikan dukungan yang memadai dalam keputusan besar ini. Penting untuk Anda pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap lokasi pembelian yang anda pilih.
  • Mengerti Harga Komputer. Iklan dirancang untuk menarik pembaca, tetapi mereka tidak selalu mudah dipahami. Lebih jauh lagi mereka tidak selalu sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi berhati-hatilah dengan bujukan harga rendah. Telitilah iklan dari setiap perusahaan komputer yang anda kunjungi sebelum Anda mulai berbelanja. Tanyakan kepada dirimu apakah harga tersebut sudah logis?. Hal ini penting untuk diingat karena terlepas dari harga akhir, “setelah diskon” penjualan berarti bahwa Anda harus memiliki sejumlah rupiah pada saat pembelian. Bacalah dengan seksama rincian harga yang mereka buat pada daftar produk dan harga ecerannya. Sebaiknya anda mengetahui minimal harga komputer satu minggu terakhir sebelum pergi belanja komputer.
  • Hati-hati dengan Biaya TersembunyiApa yang dimaksud harga komputer tersembunyi? Jika anda akan membeli komputer apalagi untuk pertama kalinya, jang hanya memikirkan harga komputernya yang 3 juta rupiah saja. Selain komputer apakah sekarang anda sudah punya print? Sudah punya speaker aktif komputer? Stabilizer? Hal-hal seperti ini harus anda masukkan dalam anggaran belanja anda. Jika anda ingin memperbanyak naskah, apalah artinya anda membeli komputer jika printer tak punya? Semua itu akan membuat anda mengeluarkan uang lebih dari kisaran harga perkiraan.
Beberapa biaya yang juga tersembunyi:
  1. Layanan purna jual
  2. Software upgrade
  3. Upgrade memori
  4. Software Anti-virus
  5. Biaya untuk mengkonfigurasi komputer dan menginstal software anti-virus serta program aplikasi yang anda butuhkan nantinya.
Memilih dan membeli komputer dapat menjadi proses yang sangat rumit, tetapi jika anda memperhatikan keempat tips ini, Anda akan dapat membawa pulang sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan Anda dan masih berada dalam rentang harga jangkauan Anda. Ingatlah bahwa meskipun toko menjalankan transaksi penjualan dan waktu yang terbatas, Anda tidak perlu merasa terburu-buru untuk membuat keputusan. Pasar komputer kompetitif dan akan selalu ada di suatu tempat penjualan lain. Jaga mata Anda agar tidak tergoda pada iklan agar anda belanja sesuai kebutuhan. Selamat berbelanja!!!


Semoga Bermanfaat.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post