Populasi Burung Laut di Dunia Terus Turun

http://www.berita.manadotoday.com/wp-content/uploads/2012/03/burung-albatros.jpg
Menurut sebuah penelitian terbaru, hampir setengah dari burung laut di dunia mengalami penurunan dalam populasi mereka. Penelitian yang diterbitkan Bird Conservation International, menemukan bahwa 28 persen spesies burung laut masuk dalam kategori tertinggi risiko penurunan populasi.
Ancaman terhadap burung-burung laut ini meliputi penangkapan ikan komersial dan kerusakan yang disebabkan oleh koloni tikus dan spesies invasif lainnya.
Meskipun burung laut hanya sebagian kecil (3,5 persen) dari spesies burung di dunia. Namun para peneliti mengatakan bahwa mereka merupakan indikator yang sangat penting terhadap kesehatan lautan.
Penelitian yang dilakukan oleh BirdLife International, menemukan bahwa dari 346 spesies, 47 persen diketahui atau diduga berada di ambang penurunan. Serta mengatakan bahwa populasi burung laut sekarang lebih terancam daripada kelompok unggas lainnya.
“Mereka adalah predator puncak di laut. Fakta bahwa hampir sepertiga populasi secara global terancam memberitahu kita untuk lebih mendalami bagaimana itu bisa terjadi, dan bagaimana kita menaggulanginya” tutur Prof John Croxall, Ketua Global Programme Seabird BirdLife, kepada BBC.
Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), ada 5 persen dari burung laut yang berada di ‘garis merah’, dan sangat terancam punah. Salah satu dari mereka adalah Shearwater Balearic, yang dapat ditemukan di hampir seluruh perairan Inggris selama musim panas.
Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 17 dari 22 spesies dari keluarga elang laut terancam punah.


SHARE THIS
Previous Post
Next Post